Cara Menggunakan OpenVPN di Ubuntu - Iqbal Pambudi

Latest

4/14/2020

Cara Menggunakan OpenVPN di Ubuntu


Cara Menggunakan OpenVPN di Ubuntu - VPN atau singkatan dari Virtual Private Network adalah sebuah koneksi pribadi yang melalui jaringan publik. VPN memungkinkan kita untuk mengakses jaringan pribadi melalui jaringan publik. Itu artinya ketika kita sudah masuk ke jaringan pribadi tersebut, kita dapat saling bertukar data dengan komputer lain yang berada di jaringan tersebut. Seolah olah kita berada di jaringan tersebut padahal aslinya kita sedang memakai jaringan yang berbeda.

Sekarang VPN lebih banyak digunakan pengguna internet agar koneksi mereka jadi lebih aman (secure) dan pribadi (private). Bila kita sudah terhubung ke VPN dan bila penyedia server VPN tersebut berada di negara lain, maka IP dan lokasi negara kita akan berubah sesuai penyedia VPN tadi.


Cara Menggunakan OpenVPN di Ubuntu

Install OpenVPN

OpenVPN adalah sebuah aplikasi open source yang digunakan untuk mengkoneksikan VPN. Aplikasi tersebut bisa kita gunakan untuk membuat koneksi Point-to-Point tunnel yang telah terenkripsi.

Install OpenVPN di Ubuntu
sudo apt-get install -y openvpn network-manager-openvpn network-manager-openvpn-gnome



Mengunduh config OpenVPN

Sebelum menggunakan VPN kamu perlu sebuah akun VPN dan config OpenVPN. Salah satu penyedia config VPN gratis adalah VPNGate.net. Silahkan pilih server VPN dan unduh config OpenVPN
 


Unduh config OpenVPN
 


Mengkoneksikan OpenVPN

Sekarang kita akan mengkoneksikan OpenVPN dengan config yang telah diunduh tadi. Silahkan buka Settings pada Ubuntu dan masuk ke Network dan pilih tanda + pada VPN
 

Lalu pilih Import from file


Pilih config OpenVPN yang sudah diunduh tadi
 

Config otomatis akan terisi, kamu bisa mengubah nama VPNnya namun jangan merubah pada settingan General dan Authentication.
 

Setelah itu nyalakan VPN, dan bila berhasil terkoneksi maka icon VPN akan menjadi seperti berikut.

Tes Koneksi

Untuk mengetes koneksi VPN apakah benar-benar sudah berhasil kamu bisa cek IP mu di situs myip.com

Sebelum pakai VPN


Setelah pakai VPN

Situs Reddit yang diblokir pemerintah pun juga bisa dibuka setelah memakai VPN

Koneksi Lambat?

Bila koneksi terasa lambat kamu bisa coba VPN Premium. Kamu bisa mendapatkan akunnya di bestvpnssh.com secara gratis, namun dibatasi 150 akun setiap harinya. Jadi siapa cepat ia dapat.
 

 Pilih region Asia


Bebas pilih server. Rekomendasi pakai server Singapura
 


Silahkan pilih salah satu


Buat akun VPN dan bila berhasil akan terlihat seperti berikut. Catat username dan password tersebut dan silahkan pilih Download Config File

Buka config OpenVPN yang sudah diunduh dan masukan username dan password yang sudah dicatat tadi.
 


Selamat mencoba dan semoga bermanfaat :).

No comments:

Post a Comment