Cara Uninstall Aplikasi Windows 10 Sampai Bersih ke Akarnya - Iqbal Pambudi

Latest

4/12/2020

Cara Uninstall Aplikasi Windows 10 Sampai Bersih ke Akarnya


Cara Uninstall Aplikasi Windows 10 Sampai Bersih ke Akarnya - Aplikasi yang sudah tidak terpakai atau jarang digunakan akan lebih baik dihapus / uninstall. Selain menghemat ruang penyimpanan menghapus aplikasi yang tidak diperlukan juga dapat mempercepat kinerja PC, mengapa bisa begitu? . Tanpa kita sadari terkadang beberapa aplikasi yang tidak dijalankan sekalipun masih dapat berjalan di background dan menggunakan resources PC.

Semakin hari performa PC akan makin menurun karena beberapa faktor. Bila kita tidak rajin merawat PC baik dari hardware maupun software maka cepat atau lambat PC akan menurun performanya  setelah beberapa waktu. Perawatan yang sederhana seperti mengindari overheat, membersihkan sampah aplikasi, update software itu penting untuk menjaga performa PC agar makin awet.

Salah satu hal yang dapat dilakukan adalah menghapus aplikasi yang sudah tidak diperlukan. Biasanya menghapus aplikasi dapat dilakukan lewat Control Panel atau Settings pada Windows 10. Namun taukah kamu aplikasi yang sudah dihapus tersebut masih menyisakan file-file sampah di sistem?. Bila dibiarkan menumpuk maka akan menginggalkan file sampah dan membuang-buang penyimpanan. Lalu bagaimana cara menghapus aplikasi sampai bersih ke akar-akarnya?. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan.

Bagaimana Cara Menghapus Aplikasi Sampai Bersih?

Ada beberapa cara untuk uninstall aplikasi sampau bersih. Kamu dapat menggunakan bantuan software atau menghapus manual tanpa bantuan software. Untuk kamu yang tidak ingin menggunakan software pihak ketiga, kamu dapat melakukan hal berikut.

Uninstal Aplikasi Sampai Bersih tanpa Software

Step 1 : Hapus aplikasi via Control Panel / Apps & Feature

  1. Buka Control Panel -> Program -> Programs & Features
  2. Pilih aplikasi yang akan dihapus 
  3. Pilih Uninstall dan tunggu prosesnya sampai selesai 

Step 2 : Menghapus file AppData

  1. Tekan Windows + R dan ketikan %appdata%
  2. Hapus folder yang berhubungan dengan aplikasi yang sudah kamu uninstall tadi. Karena tadi saya mencoba uninstall Mozilla Firefox maka saya akan menghapus folder Mozilla.

Step 3 : Menghapus file Registry

  1. Tekan Windows + R dan ketikan regedit
  2. Buka pada direktori HKEY_CURRENT_USER -> Software dan cari software yang sudah kamu uninstall tadi, karena saya tadi menghapus Mozilla maka saya akan menghapus Mozilla, jadi disesuaikan saja.
  3. Selanjutnya buka HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE dan cari lagi Mozilla atau software yang kamu uninstall kemudian hapus.

Uninstall Aplikasi Sampai Bersih dengan Software

Bila ingin praktis kamu bisa memanfaatkan software untuk menghapus aplikasi sampai ke akarnya. Salah satuny adalah Revo Uninstaller yang bisa kamu unduh gratis dan tersedia versi portablenya. Kamu bisa mengunduhnya disini


  1. Buka aplikasi Revo Uninstaller dan pilih aplikasi yang akan diuninstall
  2. Setelah uninstall aplikasi tersebut akan muncul pilihan untuk menghapus file yang tersisa. Pilih saja Advance untuk menghapus semua file dan registry yang masih tersisa.
  3. Tunggu sesaat aplikasi Revo scan file yang tersisa. Lalu akan muncul file registry yang tersisa. Centang semua dan pilih hapus.
  4. Lalu akan muncul lagi file dan direktori yang masih tersisa. Centang dan hapus semua.
Selesai, kini aplikasi sudah dihapus bersih sampai ke akarnya. Bagaimana menurutmu?, lebih suka cara manual diatas atau pakai software Revo Uninstaller?. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment