Cara Menggunakan Bluetooth di Ubuntu untuk Transfer File - Iqbal Pambudi

Latest

4/11/2020

Cara Menggunakan Bluetooth di Ubuntu untuk Transfer File


Fitur Bluetooth sering digunakan untuk periperal wireless seperti headphone, mouse, keyboard microphone dll. Selain itu Bluetooth juga bisa digunakan untuk transfer file, namun itu sudah jarang terlihat karena kecepatan transfer file pada Bluetooth yang terbatas.

Meskipun begitu, Bluetooth memiliki beberapa kelebihan seperti cross platform. Hampir semua perangkat support dengan Bluetooth, termasuk Linux. Saya sendiri kadang masih menggunakan Bluetooth untuk mentransfer file dari Desktop ke Android, namun dengan file yang berukuran kurang dari 5MB karena kecepatan Bluetooth yang terbatas.

Bila dibandingkan dengan transfer file via kabel USB, transfer via Bluetooth lebih praktis karena tinggal nyalakan Bluetooth dan kirim file. Terkadang muncul perasaan malas untuk menancapkan kabel USB, menyalakan mode MTP, nyari file nya, copy terus di paste hanya untuk sebuah file kecil berukuran 100kb.

 

Mengecek Bluetooth

Pastikan Bluetooth sudah terinstall dan tidak terblokir. Biasanya sudah terinstall otomatis saat instalasi pada Ubuntu. Untuk mengecek apakah Bluetooth terblokir atau tidak cek dengan
sudo rfkill list


Pastikan bluetooth tidak terblokir baik Soft Block maupun Hard Block. Softblock artinya hanya diblokir oleh software saja dan kemungkinan besar masih bisa dinyalakan. Sedangkan Hard block artinya perangkat sudah tidak bisa lagi dinyalakan dengan software. Bisa saja diblok oleh BIOS atau hardware sudah tidak berfungsi lagi atau memang hardware tidak mendukung.

Untuk mengaktifkan Bluetooth yang Soft block cukup ketikan perintah berikut di terminal
rfkill unblock bluetooth

Kemudian cek kembali status Bluetooth. Bila berhasil akan seperti berikut

Menggunakan Bluetooh pada Ubuntu

Untuk dapat menggunakan Bluetooth di Ubuntu dan mentransfer file, kamu perlu sebuah aplikasi bernama Blueman. Blueman adalah sebuah Bluetooth manager pada Linux.

Kamu dapat menginstallnya lewat Ubuntu Software Center ataupun lewat terminal.

 Untuk kamu yang pengen install via terminal
sudo apt install blueman 

Menyambungkan Perangkat

Buka aplikasi Blueman dan nyalakan Bluetooth perangkat lain yang akan dipasangkan. Pastikan pengaturan Bluetooth terlihat oleh semua perangkat. Bila perangkat sudah dikenali maka akan terlihat device nya
 


Sambungkan dengan klik kanan dan klik pair.

Pada kedua perangkat akan muncul popup yang berisi PIN untuk menyambungkan device. Pastikan kedua perangkat memilih Confirm

Bila sudah terhubung akan terdapat icon kunci

Mengirim File

Untuk mengirim file cukuplah mudah, kamu tinggal memilih opsi Send File dan pilih file untuk dikirim
 

 

Transfer file  cukup mudah tanpa perlu colok ke kabel :)

Sekian dari saya, semoga bermanfaat :)

1 comment:

  1. Right now headphones are provided in lots of varied kinds sizes and shapes and additionally sizes.

    ReplyDelete