Cara Memaksimalkan Android RAM 1GB - Iqbal Pambudi

Latest

5/11/2018

Cara Memaksimalkan Android RAM 1GB

Masih ada yang pakai android RAM 1GB? tentunya masih ada. Ada beberapa alasan mengapa orang masih mempertahankan smartphone dengan RAM 1GB. Ya mungkin karena sudah nyaman dengan smartphonenya, males kalo pindah smartphone kudu install ini itu, belum lagi pindahin datanya. Ada juga yang masih bertahan karena alasan kurang biaya buat upgrade smartphone (termasuk saya sendiri) hehehe, dan alasan-alasan yang lainnya.

Semakin hari aplikasi yang ada di Playstore semakin menarik. Tapi jangan lupa, semakin hari aplikasi juga bertambah size kan kebutuhan memory nya. Tapi gausah khawatir, kali ini saya akan berbagi sedikit tips buat kalian yang masih menggunakan smartphone dengan RAM 1GB (berdasarkan pengamalan saya sendiri). Ayo kita tunjukan bahwa smartphone dengan RAM 1GB masih bisa diandalkan buat sehari-hari, Lets go

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Terlalu Penting/Dibutuhkan
  2. src:amongtech
    Smartphone dengan RAM 1GB mungkin akan menurun performanya gan jika terlalu banyak aplikasi yang diinstall. Terkadang ada beberapa aplikasi yang tidak dijalankan tetapi sadarkah bahwa aplikasi itu berjalan di background/tak terlihat. Itu karena aplikasi tersebut memiliki layanan/service yang otomatis dijalankan ketika Smartphone hidup, dan itu akan membebani memory. Walaupun memory yang dibutuhkan kecil sekitar 10-40MB, tetapi alangkah lebih baik jika aplikasi itu dihibernate atau atau diuninstall bila sudah jarang digunakan

  3. Bersihkan Sampah Secara Rutin
  4. Aplikasi Ccleaner

    Sampah sistem yang menumpuk dapat membuat storage kita penuh. Biasanya aplikasi menyimpan cache pada Phone Storage atau SDcard Storage dan lama kelamaan jadi menumpuk apabila tidak dibersihkan secara rutin. Bersihkanlah paling tidak seminggu sekali agar Storage jadi lega. Terdapat beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat digunakan untuk membersihkan sampah, salah satunya yang saya gunakanyaitu Ccleaner atau Nox Cleaner yang ringan untuk digunakan. Kenapa saya memilih aplikasi tersebut ?. Karena berdasarkan pengalaman saya menggunakan Ccleaner atau Nox Cleaner adalah bebas iklan yang mengganggu dan ukuran aplikasinya yang cukup kecil.

  5. Install aplikasi Greenify
  6. src: apk4fun
    Apa itu Greenify? Greenify adalah sebuah aplikasi kecil buatan Oasis Feng yang yang fungsinya bisa Hibernate aplikasi. Aplikasi yang berjalan di Background bisa dimatikan secara otomatis oleh aplikasi ini. Dalam aplikasi ini ada dua mode yaitu Root Mode dan Non-Root mode. Aplikasi ini wajib diinstall di smartphone dengan RAM 1GB karena saya sendiri juga masih memakai aplikasi ini dan pengalaman yang saya rasakan smartphone saya lumayan smooth. Selain itu size aplikasi ini juga kecil dan tidak memakan ruang Storage.

  7. Hindari Membuka Banyak Aplikasi Sekaligus/ Multitasking
  8. src: xda-developer
    Smartphone dengan RAM kecil akan terasa berat jika jika digunakan untuk multitasking pengalaman saya sendiri menggunakan Smartphone RAM 1GB, saya juga sering multitasking, tetapi hanya sampai 3-4 aplikasi saja, selebihnya sudah terasa lag dan apabila smartphone digunakan untuk main game ditambah menjalankan aplikasi yang lain, game tersebut akan terestart dari awal karena memory penuh. Jadi apakah artinya smartphone dengan RAM 1GB tidak bisa multitasking ? Bukan begitu, maksud saya boleh lah multitasking, tapi dengan batas wajar saja. Ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, heheheh.

  9. Hindari Smartphone Overheat

  10. Mungkin bukan hanya smartphone RAM 1GB saja, tetapi untuk semua gadget. Suhu yang terlalu panas akan menurunkan performa gadget itu sendiri. Bukan hanya menurunkan performa tetapi juga bisa merusak komponen-komponen didalam smartpone itu sendiri. Faktor penyebab smartphone overheat juga banyak. Ada yang digunakan dibawah terik matahari, ada yang dimainkan sambil mencharger. Beberapa orang masih memainkan smartphonenya sambil dicharger, dan itu akan menyebabkan panas yang berlebihan dan bisa memperpendek usia baterai. Maka jagalah suhu smartphone kamu dan hindari memainkan smartphone sambil mencharger.

  11. Root Smartphone (Android)
    Root Android
  12. Saya tidak merekomendasikan cara ini, karena dengan me-Root smartphone artinya kamu bisa memodifikasi sistem. Jika kamu salah saat mengutak-atik, bisa berkibat smartphone bootloop, dan lain-lain. Tetapi sisi baiknya kamu bisa memodifikasi sistem supaya dapat bekerja dengan maksimal, salah satunya dengan menTweak. salah satu Tweak yang bisa dicoba adalah Kitana Tweak, dan lain lain. Tweak ini bisa memodifikasi sistem agar bekerja sesuai kebutuhan, apakah ingin High Performance tetapi akan boros baterai dan mode Battery Life yang akan menghemat daya.


    Intinya kita harus bisa merawat smartphone kita sendiri, seperti kalian merawat diri kalian sendiri. Sebagus apapun smartphone kalian apabila tidak dirawat akan cepat rusak. Oke gan mungkin itu sedikit tips bagaimana cara memaksimalkan Smartphone dengan RAM 1GB, apabila ada pertanyaan bisa tulis dikomentar gan. See You

No comments:

Post a Comment