Cara Install Elementary OS 5.0 Juno Dual Boot - Iqbal Pambudi

Latest

6/20/2019

Cara Install Elementary OS 5.0 Juno Dual Boot

Halo guys apa kabar, pada kesempatan kali ini saya akan membagikan tutorial Cara Install Elementary OS 5.0 Juno dual boot pada laptop/PC kalian. Bagi yang belum tahu, Elementary OS adalah salah satu distro linux yang cukup populer. Apa yang membuat Elementary OS ini populer?, Yaps karena UI pada distro ini mirip dengan Mac OS dan saya pun juga salah satu pengguna distro ini :D. Elementary OS adalah distro turunan dari Ubuntu, jadi manajemen paket yang digunakan adalah .deb
Dekstop Elementary OS 5.0 Juno
Sebelum menginstall distro ini alangkah lebih baiknya kalo kita melihat spesifikasi yang direkomendasikan untuk menginstall distro ini. Dikutip dari web resmi Elementary OS, berikut adalah spesifikasi yang direkomendasikan untuk menginstall Elementary OS 5.0 Juno :
  • CPU : Intel Core i3 64bit atau sebanding
  • RAM : 4GB
  • Hardisk : 15GB Free Space
  • Display : 1024x768

Setelah spesifikasi PC/Laptop kalian dirasa mencukupi nah waktunya kita masuk proses instalasi, kali ini kita akan membuat dual boot dengan Windows 10 dengan partisi GPT. Pastikan kalian juga sudah menyiapkan beberapa tools dan bahan untuk instalasi ini yaitu :

Cara Install Elementary OS 5.0

1. MEMBUAT PARTISI BARU

Membuat partisi pada Windows dengan space 30GB
Buat partisi baru dengan ukuran 30GB pada Disk Management Windows. Bagi kalian yang partisinya sudah terpakai semua caranya dengan memecah partisi yang ada untuk tutorialnya ada disini.

2. MEMBUAT BOOTABLE

Membuat Bootable
Selanjutnya adalah membuat bootable pada flashdisk kalian. Pastikan flashdisk kalian tidak ada data yang penting karena flashdisk ini akan diformat. Untuk membuat bootable, buka aplikasi rufus dan tancapkan flashdisk kalian dan parhatikan pada Partition Scheme, pastikan kalian menyesuaikan dengan tipe hardisk kalian. Untuk kasus ini saya menggunakan hardisk bertipe GPT lalu klik Start dan tunggu hingga selesai. Setelah itu restart PC/Laptop kalian dan masuk ke BIOS.

3. SETTING BIOS

Setting BIOS dan matikan Secure Boot
Setting BIOS matikan Fast boot dan nyalakan USB Boot
Setelah masuk BIOS kalian setting beberapa pengaturan berikut
  • Secure Boot = Disable
  • Fast Boot = Disable
  • USB Boot = Enable
Lalu tekan F10 untuk save pengaturan dan restart PC/Laptop. Setelah itu masuk ke Boot Manager dengan menekan tombol F9 pada Laptop HP (tiap laptop bebeda-beda jadi sesuaikan saja)

4. MASUK KE BOOT MANAGER

Boot Manager
Setelah kalian masuk ke Boot Manager kalian pilih USB drive kalian (Saya menggunakan SanDisk)

5. PILIH INSTALL

Install Elementary OS

Kalau sudah masuk ke sini tandanya kalian berhasil boot ke USB kalian dan akan masuk ke Grub Loader seperti gambar diatas. Pilih Install Elementary OS untuk langsung menginstall atau pilih Try Elementary OS untuk mencoba dulu OS ini tanpa menginstallnya.

6. PILIH BAHASA

Pilih Bahasa
Pilih bahasa English saja lalu klik Continue

7. KEYBOARD LAYOUT

Keyboard Layout
Pilih English saja dan Continue

8. INSTALL APLIKASI PIHAK KETIGA

Install Third Party Software
Pada menu ini ada pilihan untuk menginstall aplikasi pihak ketiga untuk driver wifi dan display kalian, sebaiknya dicentang saja dan continue.

9. TIPE INSTALASI

Pemilihan instalasi
Pada tahap ini harus hati-hati karena apabila salah, maka data kalian akan hilang. Pastikan memilih Something Else dan continue

10. TAHAP PARTISI

Tahap Partisi
Perhatikan baik-baik pada tahap partisi ini. Pada kolom device cari partisi yang sudah kita buat diawal tadi tandanya adalah Free Space dan berkapasitas 30GB atau sekitar 3200MB. Klik satu kali ada partisi tersebut dan klik tanda tambah (+) pada bagian bawah seperti gambar diatas.

11. SETTING PARTISI

Setting Partisi
Perhatikan baik-baik, sesuaikan pengaturan kalian seperti gambar diatas. Untuk size kita akan buat sebesar 28GB dan sisakan 2GB untuk partisi swap. Pastikan mount point pada / dan meenggunakan file system ext4.

12. PARTISI SWAP

Partisi swap
Sisa partisi yang tadi akan kita buat menjadi partisi swap. Caranya sama dengan mengeklik satu kali pada partisi lalu tekan tanda tambah (+) dibawah.

13. SETTING PARTISI SWAP

Setting Partisi Swap
Pada bagian partisi swap adalah sisa dari partisi root tadi, pilih use as swap area dan pilih install

14. KONFIRMASI INSTALASI

Konfirmasi instalasi
Setelah kita membuat 2 partisi baru yaitu partisi Ext4 dan Swap, selanjutnya klik satu kali pada partisi ext4 dan klik install now pada pojok kanan bawah maka akan ada pemberitahuan partisi apa saja yang akan diformat. Pastikan sudah benar partisi yang akan diformat adalah partisi ext4 dan swap.

15. PILIH REGION

Pilih Region
Selanjutnya yaitu pilih region. Pilih region kalian lalu klik continue

16. MEMBUAT USERNAME DAN PASSWORD

Membuat username dan passowrd
Buat username dan password kalian lalu klik continue

17. PROSES INSTALASI

Proses Instalasi
Proses instalasi dimulai, tunggu saja sampai selesai dan akan ada pemberitahuan restart apabila sudah selesain

18. MASUK GRUB LOADER

Grub Loader saat startup
Setelah proses instalasi selesai restart laptop/PC kalian dan cabut flashdisk tadi. Apabila berhasil maka saat startup akan ada tampilan grub boot loader seperti gambar diatas. Pilih Elementary dan enter

19. LOGIN MENGGUNAKAN USERNAME DAN PASSWORD

Login
Silahkan login menggunakan username dan password yang sudah dibuat tadi.

20. WELCOME TO ELEMENTARY OS

Desktop Elementary OS
Selamat! proses instalasi Elementary OS sudah berhasil. Demikian tutorial bagaimana Cara Install Elementary OS 5.0 Juno Dual Boot Windows 10 Partisi GPT semoga bermanfaat untuk kalian. Apabila kalian merasa artikel ini bermanfaat silahkan di share ke teman kalian yah :D. Salam 

1 comment: